SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close

Duh, Ikan Aligator Berkeliaran di Waduk Jatiluhur

Rabu, 11 September 2013 14:57 by miko | 5032 hits
Duh, Ikan Aligator Berkeliaran di Waduk Jatiluhur
radar-karawang.com

DREAMERSRADIO.COM - Meski pemerintah telah melarang hadirnya ikan-ikan predator di Indonesia, tetapi rupanya tak membuat orang kehabisan akal untuk menyeludupkannya. Hasilnya, saat ini ikan alligator berkeliaran di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Hingga saat ini diperkirakan ada 6-7 ikan lepas di waduk itu pada akhir 2011 lalu. Ikan endemik sungai hutan hujan tropis Amazon, Amerika, itu awalnya dibudidayakan warga setempat sebagai ikan hias. Namun karena di larang, ikan diangkut ke Jakarta, tapi kemungkinan ada yang terlepas ke waduk lepas.

Hingga kini baru satu ikan aligator berhasil ditangkap nelayan, lalu diserahkan ke Dinas Perikanan dan Peternakan, Purwakarta. Sementara penyuluh lapangan Dinas setempat, Asep Afifudin mengaku kehadiran ikan tersebut telah membuat resah nelayan yang menyebutnya sebagai ikan buaya.

Ikan aligator di anggap berbahaya karena bisa merusak sumber daya perairan. Ikan jenis ini memangsa ikan jenis lain yang berukuran lebih kecil, sehingga akan berdampak pada berkurangnya ikan waduk tangkapan warga, misalnya ikan emas dan nila. Padahal, ada 800 lebih nelayan ikan perairan umum yang menggantungkan hidupnya dari waduk Jatiluhur.

Selain itu, ikan aligator juga dianggap berbahaya karena ukuran aligator dewasa bisa merusak jaring para pembudidaya ikan. Bila dibiarkan, ikan itu bakal mengancam nasib usaha 1000-an pembudidaya ikan di waduk itu.

Bahkan dari saksi-saksi yang mengaku pernah melihat ikan tersebut, ada yang berukuran hingga 3 meter. Karena itu dinas menggandeng nelayan setempat untuk memburu ikan predator tersebut dengan menggunakan alat khusus.

Komentar
CONTACT US
Informasi pemasangan iklan: sales@dreamersradio.com

MOST POPULAR

RECENT ARTICLES
FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : cloudsmys
Cast : Hwang Mimi (OC) ; Hwang Micha (OC) ; Kim Jong In ; Xi Luhan
^
close(x)